Tips" Membuat Business Process secara mudah
Membuat Business Process sebenarnya tidaklah terlalu sulit, hanya diperlukan beberapa perangkat seperti berikut ini:
1. Microsoft Visio (mandatory)
2. Microsoft Word
3. Mind Mapper (optional)
Langkah-langkah berpikirnya adalah seperti berikut:
1. Pelajari organization structure di perusahaan anda,
2. Pelajari tugas dan fungsi setiap organisasi dan sub-subnya,
3. Petakan dengan menggunakan Mindmapper atau Visio atau di kertas selembar mengenai pekerjaan yang akan anda buat business process-nya,
4. Petakan tiap-tiap proses bisnis tersebut terhadap organisasinya, misal pekerjaan Pembuatan Dokumen Tender, berada di bawah departement Supply Chain Management atau di bawah divisi Procurement.
5. Dokumentasikan setiap proses tersebut, kemudian petakan setiap business process-business process tersebut ke dalam bentuk business process yang lebih besar. Ini disebut dengan end to end business process.
6. Turunkan setiap business process menjadi Standard Operating Procedure, yang menjelaskan lebih detail mengenai business process yang sudah dibuat.
7. Turunkan SOP ke dalam Work Instruction (WI) apabila diperlukan, kemudian buat form-form atau template yang diperlukan untuk aplikasi SOP / WI.
8. Uji setiap Business Process, SOP, WI dan forms di dalam real business, lakukan koreksi untuk penyempurnaan.